Cara Menghilangkan Bunyi Per Mobil & Kaki-kaki

Posted on

Kurniots.com –¬†Cara Menghilangkan Bunyi Per Mobil & Kaki-kaki – Salah satu masalah yang timbul ketika mobil atau kendaraan kita sudah dimakan usia adalah bunyi-bunyian di area seputar kaki-kaki dan per. Bunyi-bunyian yang sering timbul pada kaki-kaki atau per mobil diakibatkan oleh keausan komponen dan kotoran yang mengering.

Untuk kali ini saya ingin fokus pada bunyi-bunyian yang sering timbul ketika mobil habis di bersihkan atau dicuci atau pada musim hujan. Salah satu bunyi yang sering timbul pada kaki-kaki mobil pada musim hujan adalah bunyi crit-crit, begitulah kirakira bunyinya.

Bunyi ini “crit-crit” ini biasa terjadi akibat gesekan yang diakibatkan oleh karet ganjal dan bushing aus. bisa juga terjadi akibat tie rod atau ball joint pelumasnya sudah kering. nah bagaimana cara memperbaiki hal ini dengan cara mudah, berikut ini cara menghilangkan bunyi per mobil dan kaki-kakinya.

Baca Juga: Membuka Tie Rod dan Ball Joint, Begini Caranya!

Cara Menghilangkan Bunyi Per Mobil & Kaki-kaki

Cara Menghilangkan Bunyi Kaki-kaki Per Mobil
Cara Menghilangkan Bunyi Kaki-kaki Per Mobil

Menghilangkan Bunyi Per Mobil Jenis Per Daun

Salah satu jenis per mobil adalah per daun. Per daun pada susunannya ditumpuk dari mulai yang pendek sampai yang panjang dan diantara satu dan lainnya ada terdapat ganjal dari teflon atau karet. jika aus maka per akan langsung bergesekan dan berbunyi.

Pada umumya akan terdengar bunyi jika abis kehujanan dan ketika kering langsung bunyi. solusinya ganjal antara per satu dan lainnya dengan karet ban dalam bekas. caranya cungkil pakai obeng yang dipukul dan ganjal.

Baca Juga: Ban Mobil Habis Sebelah Tidak Rata, Ini Penyebabnya!

Menghilangkan Bunyi Pada Tie Rod dan Ball Joint

Selain bunyi pada per mobil, bunyi-bunyian juga kerap muncul dari komponen kaki-kaki seperti tie rod ata terot dan ball joint. Bunyi disini bukan bunyi longgar tapi khusus untuk bunyi crit yang menandakan gemuk elumas kering. solusinya jika tie rod dan ball joint terdapat niple untuk gemuk maka berikn gemuk pakai pompa atau bawa ke tempat ganti oli.

Namun jika tidak terdapat lubang itu maka harus dibuka, atau anda buka karet boot penutup tie rod kemdian beri oli atau stempet / gemuk dan tutup kembali.

Baca Juga: Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint, Begini Caranya!

Menghilangkan Bunyi Pada Bushing Sayap

Jika bunyi terjadi pada bushing sayap akibat karet bushing aus atau keras maka untuk lebih baiknya anda buka dn ganti, jika tak mau ribet, oleskan atau beri oli pada bushing yang bunyi.

Caranya mudah bukan, dan akhirnya sekian Cara Menghilangkan Bunyi Per Mobil & Kaki-kaki semoga bermanfaat dan terimakasih atah kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *