Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat

Posted on

Kurniots.com Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat – Pada Rem yang menggunakan sistem hidrolik yang ditandai dengan adanya minyak rem ( Brake Fluid ) sebagai fluida, salah satu kerusakan sistem rem yang bisa terjadi adalah kebocoran.

Bocor pada rem bisa terjadi baik di master cylinder atau sepanjang jalur dari saluran minyak rem. Ketika terjadi kebocoran maka lambat laun minyak rem atau oli rem akan berkurang atau habis yang mengakibatkan rem blong. Ketika diperjalanan mengalami minyak rem berkurang karena ada kebocoran maka anda harus mempunyai cadangan.

Bagaimana jika tidak ada cadangan dan anda jauh dari permukiman dan toko onderdil, berikut ada Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat yang bisa anda gunakan pada waktu darurat.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Rem Membanting Kanan Atau Kiri Saat Di Injak Rem

Alternatif Pengganti Minyak Rem Untuk Keadaan Darurat

Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat
Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat

Pada prinsipnya minyak rem digunakan sebagai media untuk mendorong, jadi bisa saja menggunakan cairan lain jika darurat dan kebocoran yang terjadi tidak parah. jika parah itu ya tetep harus diperbaiki kebocorannya. kembali lagi ke minyak rem, memang kalo air biasa bisa menimbulkan karat dan tidak ada kandungan pelumas untuk karet sil.

Makanya jika dalam kondisi darurat kehabisan minyak rem dan keadaan tidak memungkinkan anda bisa coba pengalaman saya yang mungkin bisa anda coba dan membantu sampai tempat anda bisa membeli minyak rem.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Rem Berbunyi Menjerit 100% Ampuh

Sedikit cerita, pada suatu malam saya pernah mengalami kejadian sulit. saya memperbaiki mobil jenis truk di hutan, yang Ketika suatu hari saya perbaiki rem. saat mau membuang angin di saluran hydroliknya saya kekurangan minyak rem. saat itu saya bingung karena sudah malam dan di hutan pula.

Pada saat itu lalu sang sopir menyuruh saya menambahkan air teh atau air kelapa untuk pengganti minyak rem darurat, dan saya pilih air teh karena saat itu di mobil kebetulan ada air teh. dan ternyata itu bisa digunakan dan sampai juga ke bengkel. sesampainya di bengkel saya buang semua minyak rem (kuras) dan mengganti kembali menggunakan minyak rem.

pengalaman ini mungkin bisa sobat2 coba saat keadaan darurat. saya tidak tahu pasti kenapa air teh atau air kelapa yang digunakan mungkin kalau air putih, takutnya menimbulkan karat. dan air teh atau air kelapa mungkin tidak menimbulkan karat. kalau ada yang tahu, silakan di komentar.

Baca Juga: Cara Membuka Piston Master Rem Macet

namun yang pasti untuk keadaan darurat bisa gunakan kedua cairan tersebut dan ingat itu untuk darurat dan jika memaksapun harus tetap berhati-hati. semoga Pengganti Minyak Rem ( Brake Fluid ) Saat Darurat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *