Cara Membuka Piston Master Rem Macet

Posted on

Kurniots.com – Cara Membuka Piston Master Rem MacetSalah satu gejala rem macet adalah akan membuat roda Panas dan kondisi roda yang panas ini jika dibiarkan bisa membuat ban meledak akibat panas jika pada mobil. tentu saja itu sangat berbahaya. Anda bisa baca artikel lainnya terkait cara memperbaiki dan penyebab rem macet di Penyebab & Cara Memperbaiki Rem Macet.

Kembali ke pokok bahasan, hal lain yang akan terasa jika rem macet adalah tenaga mobil ataupun motor akan terasa berat dan konsumsi bahan bakar akan boros. sebetulnya banyak lagi tanda yang mengindikasikan sistem rem tidak normal baik itu macet dan lainnya.

Ketika kita melakukan perbaikan pada rem yang macet, sering kita temukan piston rem di kaliper macet dan susah dibuka. Ini bisa terjadi pada Mobil dan Motor. Jika tidak tahu cara membuka nya, saya jamin anda akan kehabisan waktu hanya untuk mengeluarkan piston rem dari silindernya. Lalu bagaimana cara termudah untuk melepasnya, oke langsung saja ke bawah.

Cara Membuka Piston Rem Macet

Cara Membuka Piston Master Rem Mobil Macet
Cara Membuka Piston Master Rem Mobil Macet

Memang agak susah untuk membuka piston rem yang macet, namun jika tahu caranya sesusah apapun pasti akan kebuka. Ada dua cara yang biasa dilakukan untuk membuka piston rem yang macet. dan kedua cara tersebut adalah berikut ini.

Baca Juga: Gejala Kerusakan Booster Rem / Servo

  1. Cara pertama adalah anda hidupkan mesin (khusus mobil) dan injak-injak pedal rem dengan kuat. jika yang menggunakan dua master  atau kaliper, kendalanya jika satu keluar satunya pasti masih macet. caranya ikat yang sudah mulai keluar pake kawat agar tertahan dan injak rem kembali. untuk yang memakai satu master cylinder pastinya tinggal mendorong satunya lagi dengan pukulan.
  2. Cara kedua adalah anda buka master rem dan bakar, biasanya setelah panas akan lebih mudah membukanya. ini akibat karat atau kotoran mudah lepas dan karet rem meleleh.

Nah itu tadi sedikit tips untuk cara membuka piston rem yang macet baik pada mobil dan motor, semoga dapat menjadi solusi masalah pada saat memperbaiki rem mobil dan rem motor macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *