Cara Memperbaiki Rem Mobil Macet Berdasarkan Diagnosa Penyebabnya

Posted on

Kurniots.comCara Memperbaiki Rem Mobil Macet – Rem memang merupakan salah satu yang penting dalam sebuah kendaraan. mengingat hanya dengan itu lah laju kendaraan dihentikan atau diperlambat. rem mobil yang pakem itu merupakan syarat mutlak untuk keselamatan berkendara.

Salah satu kerusakan yang terjadi pada rem mobil baik untuk cakram ataupun rem tromol adalah rem mobil yang macet yang dapat mengakibatkan rem atau roda panas bahkan bisa sampai terbakar dengan ditandai roda mobil panas dan bau gosong. untuk masalah yang seperti ini, tarikan mobil juga akan terasa berat.

Kondisi rem mobil macet yang kedua adalah yang mengakibatkan rem mobil malah tidak pakem alias blong. ini karena rem tidak bisa berfungsi maksimal karena rem mobilnya macet.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Rem Mobil Bocor Dalam Kondisi Darurat Diperjalanan

Nah sebetulnya bagaimana cara memperbaiki rem mobil macet, apa saja penyebab rem mobil macet, untuk penjelasannya mari kita mulai dengan penyebabnya dahulu agar dapat mendiagnosa yang selanjutnya dapat menentukan apa yang harus diperbaiki selanjutnya.

Penyebab Rem Mobil Macet

Cara Memperbaiki Rem Mobil Macet
Cara Memperbaiki Rem Mobil Macet

Penyebab rem mobil macet yang paling umum adalah karena piston rem yang macet akibat kotoran yang kering dan karat. namun yang dapat mengakibatkan rem mobil macet bukan hanya pada masalah piston rem nya saja. Ada komponen-komponen lain atau kondisi-kondisi lainnya yang dapat mengakibatkan rem mobil bisa macet. untuk selengkapnya adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuka Piston Master Rem Macet

  • Setelan Pedal Rem

Penyebab rem mobil macet bisa terjadi karena salah penyetelan jarak bebas pedal rem (spelling) terlalu rapat. jika masalah terjadi setelah anda melakukan penggantian switch rem, maka dipastikan posisi swith lampu rem terlalu masuk menekan tuas pedal rem sehingga pedal rem tidak ada jarak bebas (menekan). Jarak bebas pedal rem yang rapat akan mengakibatkan cairan hidrolik tertahan menekan sistem pengereman karena langkah pengembalian cairan tertutup akibat jarak bebas rapat.

  • Piston Rem Macet

Penyebab rem mobil macet yang selanjutnya adalah akibat piston rem di roda-roda mobil macet. ini biasanya terjadi karena rem lama tidak dibuka dan dibersihkan atau bisa juga diakibatkan sering terendam air (terjadi jika sering kebanjiran/ke daerah banjir). Kondisi piston rem yang macet akan menyebabkan rem tidak balik yang dapat mengakibatkan rem panas dan tarikan berat, atau juga sebaliknya yang dapat mengakibatkan rem mobil tidak berfungsi.

  • Saluran / Selang Rem Mampet.

Saluran rem yang mampet atau tidak lancar juga dapat mengakibatkan rem mobil macet. daya dorong dari pedal rem untuk melakukan pengereman tentunya lebih besar dari daya dorong pegas di tromol untuk menekan kembali kampas rem. Jika pada saluran selang rem ada yang mampet, biasanya terjadi terjadi pada selang fleksibel rem, maka dapat membuat rem telat untuk balik atau malah tertahan dalam posisi sedikit mengerem.

Baca Juga: Gejala Kerusakan Booster Rem / Servo

Cara Memperbaiki Rem Mobil Macet Berdasarkan Hasil Diagnosa

Tadi kita sudah bahas terkait apa saja yang menyebabkan rem mobil macet, kali ini adalah bagaimana cara memperbaikinya berdasarkan dari kendala-kendala atau penyebab yang sudah disebutkan di awal.

  • Memperbaiki Rem Mobil Macet Akibat Setelan Pedal Rem

Rem mobil macet akibat dari setelan pedal rem yang terlalu rapat adalah dapat kita ketahui ketika kita angkat semua roda dan coba untuk diputar kesemua roda akan terasa berat atau macet putarannya. Untuk cara memperbaiki rem mobil macet akibat setelan pedal rem terlalu rapat adalah anda periksa switch rem barangkali terlalu menekan.

Jika switch rem tidak menekan, maka anda harus melakukan penyetelan pada batang tuas pedal rem (servo bagian belakang) atau juga setelan batang penekan pada servo (booster rem) bagian depan (yang menekan master rem).

  • Memperbaiki Rem Mobil Macet Akibat Piston Rem Macet

Kalo ini yang paling umum dan paling terlihat karena yang pertama akan diperiksa jika terjadi rem mobil macet atau tidak pakem adalah roda-rodanya. untuk memperbaiki rem yang macet akibat piston rem macet, anda cukup membuka dan membersihkan piston rem dan cylindernya.

Jika terjadi macet dan anda susah melepasnya, anda harus melepasnya dengan trik khusus yang bisa anda lihat di Cara Membuka Piston Rem Macet. Setelah melakukan pembongkaran, jangan lupa anda perlu membuang angin di saluran remnya ya.

  • Memperbaiki Rem Mobil Macet Akibat Saluran / Selang Rem Mampet.

Hampir mirip seperti pada rem macet akibat dari setelan pedal rem yang terlalu rapat, pada rem mobil yang macet akibat dari selang rem mampet juga dapat diketahui jika pada salah satu roda mobil jika diangkat, pas diputar ternyata macet padahal piston remnya tidak macet.

Disini bedanya kalo akibat setelan yang rapat terjadi macet di semua roda, kalo disini hanya di salah satu saja. Tanda nya lagi adalah ketika anda buka baut pembuangan, roda terasa lancar akan tetapi jika habis di rem akan macet kembai.

Jika mendapati kondisi ini maka anda harus periksa selang fleksibel rem dan memeriksanya. tiup aja untuk memeriksa kondisi lobangnya apakah lancar atau mampet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *