Cara Memperbaiki Rem Mobil Bocor Dalam Kondisi Darurat Diperjalanan

Posted on

Kurniots.com – Cara Memperbaiki Rem Mobil Bocor Dalam Kondisi Darurat – Salah satu kerusakan yang terjadi pada sistem rem mobil adalah kebocoran pada sistem hidrolik rem yang ditandai dengan minyak rem yang bocor dan membuat basah rodaroda mobil.

Jika rem mobil anda bocor diperjalanan maka sudah dipastikan untuk memperbaiki rem mobil yang bocor tersebut harus membongkar dan memperbaiki dengan ccara mengganti seal atau kkaret rem nya. Kondisi ini biasa terjadi akibat dari tidak dilakukannya perawatan berkala pada sistem rem mobil anda. karet rem akan menipis dan mengakibatkan kebocoran seiring dengan umur pakainya.

Baca Juga: Gejala Rem Rusak Atau Rem Bermasalah

Jika rem mobil anda bocor di daerah tempat anda tinggal anda mungkin tinggal panggil mekanik, namun bagaimana jika anda di tempat antah berantah dan jauh dari bengkel pasti akan membuat anda kerepotan karena sudah bisa dipastikan anda tidak bisa lagi mengendari mobil anda karena rem tidak berfungsi.

Cara Mensiasati Rem Mobil Bocor Dalam Kondisi Darurat

Ada satu trik sebetulnya untuk memperbaiki rem mobil bocor dalam kedaan darurat atau lebih tepatnya mensiasati rem bocor namun cara ini hanya untuk kondisi darurat sebatas untuk meneruskan perjalanan hingga sampai di bengkel servis mobil dan ada resikonya. Jadi mohon untuk memperhatikan betul artikel sampai habis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Baik tanpa banyak kata-kata pengantar, langsung saja berikut ini yang bisa anda lakukan untuk mensiasati rem mobil bocor dalam kondisi darurat. Cara berikut ini bisa anda lakukan jika anda bawa kunci 10 pas dan 12 pas, soalnya untuk kendaraan kecil rata-rata pipa selang rem menggunakan mata kunci 10 pas, tapi sebagian kendaraan besar ada yang menggunakan kunci 12 pas.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Rem Mobil Macet Berdasarkan Diagnosa Penyebabnya

Cara Memperbaiki Rem Mobil Bocor Dalam Kondisi Darurat
Cara Darurat Mensiasati Rem Mobil Bocor
  • Langkah pertama, anda harus buka pipa saluran rem atau selang rem yang terhubung ke roda yang bocor menggunakan kunci 10 atau 12 pas. injak pedal rem atau mengganjalnya, tujuanya supaya minyak rem tertahan/tidak terus mengalir. lihat pada gambar di atas.
  • Kemudian anda cari yang namanya paku, coba tanya ke warga sekitar disitu apakah ada yang punya paku, atau yang paling gampang, hubungi toko bangunan….ups, hehe….
  • Cari paku yang kira-kira masuk ke selang rem tersebut. Potong paku supaya gak terlalu panjang yang kita butuhkan kepalanya.
  • Selanjutnya masukan paku ke selang rem dan kemudian pasang lagi selang rem ke tempatnya semula (paku tertanam di selang) tujuanya adalah untuk menutup saluran minyak rem pada roda yang terjadi kebocoran ( rem satu roda dimatikan).

Baca Juga: Cara Memperbaiki Rem Motor Kurang Pakem

Perhatian : ” karenasatu roda mati (yang ditutup paku) maka pada saat pengereman bisa jadi banting sebelah makanya jangan bawa mobil dengan kecepatan tinggi bawa mobilnya merayap saja dan jaga jarak aman. cara ini hanya bertujuan untuk mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki kebocoran”. dengan mempraktekan cara ini, berarti anda sudah paham resiko dan penulis tidak bertanggungjawab atas resikonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *