Tutorial Cara Mengecat Mobil dan Motor Yang Dilakukan Di Bengkel Body

Posted on

Kurniots.comTutorial Cara Mengecat Mobil dan Motor – Melakukan pengecatan ulang mobil atau sepeda motor itu memang salah satu pekerjaan tukang atau ahli. memang sih untuk sekedar mewarnai atau mengecat itu mudah tapi bagaimana jika hasilnya ingin seperti hasil kerja tukang cat atau ahli cat mobil dan motor, tentunya anda harus tahu cara dan ilmu serta takaran pencampuran cat nya juga cara mengoplos cat jika diperlukan.

Untuk kamu yang suka utak-atik mobil atau motor sendiri, berikut ini saya berikan tutorial cara mengecat kendaraan seperti propesional. anda tertarik untuk mencobanya, cobalah cara mengecat mobil dan motor berikut ini yang biasa dilakukan di bengkel cat atau bengkel body.

Baca Juga: Cara Oplos Warna Cat Mobil dan Motor

Alat & Bahan-bahan Untuk Mengecat Mobil dan Motor

cara mengecat mobil dan motor
cara mengecat mobil dan motor

Berikut ini alat, bahan-bahan dan langkah cara mengecat body mobil dan motor yang harus kamu ketahui dan kamu siapkan untuk melakukan ccat ulang mobil atau motormu yang udah kusam atau rusak. simak baik-baik alat, bahan dan caranya sebagai berikut.

Alat dan Bahan Untuk Mengecat Mobil dan Motor:

  • Cat warna pilihan

Cat mobil dan motor atau cat duco dengan warna yang telah anda pilih atau anda inginkan.

  • Cat clear

Cat warna transparan seperti air untuk pengilap sebagai finishing.

Baca Juga: Cara Cat Velg / Pelek Mobil Dan Motor Sendiri Lebih Hemat, Begini Caranya!

  • Alat semprot dan peniup angin ( kompresor )

Selanjutnya untuk mengecat mobil dan motor kamu butuh alat semprot wajib harus ada, kecuali bila kamu mau pake cat semprot kaleng instan seperti pylox. bila kamu pake spray gun atau alat semprot cat, kamu harus punya kompresor, tapi bila mau mencobanya, kamu bisa gunakan semprotan obat nyamuk ( pada prinsipnya sama dengan spray gun)

  • Amplas kasar, sedang dan amplas halus.

Amplas kasar bila anda mau bersihkan karat, sedang dan halus. kira2 no nya 180, 600, 1000.

  • Dempul (bila perlu)

Dempul ini dipakai untuk membentuk permukaan yang tidak rata atau cacat.

Baca Juga: Cara Cat Plat Nomor Yang Pudar Bisa Kamu lakukan Sendiri

  • Thiner

Ada dua macam, thiner kalengan untuk mengencerkan cat, thiner curah buat mencuci alat semprot ( spray gun) untuk hasil maksimal gunakan thinner yang berkualitas bagus.

  • Poxy

Bahan terakhir yang kamu harus siapkan untuk mengecat mobil dan motor adalah poxy. cat poxy ini adalah cat kasar untuk mendasari bidang yang akan di cat.

Cara Mengecat Mobil dan Motor

Setelah kita siapkan alat-alat dan bahan untuk mengecat mobil dan motor, sekarang kita lanjut ke cara mengecat mobil dan motor. bagaimana cara mengamplas, mencuci dan menyemprotkan cat, berikut ini ccara selengkapnya.

  • Cuci bersih bidang yang akan di cat. jika berkarat amplas pake amplas kasar. jika bidang halus dan masih rata, amplas pake amplas sedang. dan kemudian keringkan, jemur bila perlu.
  • Ratakan bidang yang tidak rata dengan dempul, kemudian amplas sampe rata. pengamplasan dempul terakhir pake amplas sedang dengan air. kemudian keringkan.
  • Aduk poxy dan semprotkan agak tebal.(bertahap), tunggu hingga kering dan lihat bila ada hasil pendempulan kurang sempurna atau bidang yang belum rata, dempul kembali bila perlu dan semprot lagi. setelah kering  amplas pake amplas sedang hingga halus.
  • Aduk cat warna dan semprotkan bertahap, awas meluber. kemudian anda tunggu sampe kering dan amplas lagi pake amplas halus. atau jangan biarkan cat kering (setengah kering/masih agak basah) kemudian lanjut ke step berikut.
  • Aduk cat clear dan semprotkan, tunggu sampe benar2 kering dan simpan di tempat aman 24 jam.
  • Terakhir, sampe disitu sudah selesai. tapi jika anda mau menghaluskanya lagi, lakukan penggosokan dengan rubing compound. oleskan compound dan gosok pake lap halus sampe bidang halus.

Mengaplikasikan langkah-langkah tutorial cara mengecat mobil dan motor diatas tentunya memerlukan waktu dan tenaga yang lumayan akan membuat kamu lelah jika tak terbiasa. semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *