10 Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil Yang Dapat Kamu Lakukan

cara meningkatkan tenaga mesin
cara meningkatkan tenaga mesin

10 Cara Yang Bisa Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil – Berbagai macam Mobil beredar di pasaran dengan spesifikasi dan kapasitas yang berbeda-beda. namun tidak dapat dipungkiri terkadang pemilik mobil kurang puas dengan performa standar bawaan pabrik. banyak orang mengoprek mesin mobil agar mobil lebih kencang dan bertenaga. cara yang dilakukan pun beragam sesuai dengan jenis teknologi yang digunakan mobil tersebut. apakah sudah mengusung teknologi Injection EFI atau masih Karburator.

Pada kesempatan kali ini MOBIL MOGOK akan mencoba berbagi dengan pengunjung setia blog ini tentang Cara Yang Bisa Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil atau teknologi apa saja yang bisa meningkatkan tenaga mesin atau Horse Power mesin mobil anda. dan tanpa banyak kata berikut ini caranya.

Baca Juga: Membersihkan Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

10 Cara Yang Bisa Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil
Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil
  • Mengurangi Berat Mobil

Beban yang terlalu berat akan memperlambat laju kendaraan. Namun, tidak berarti Anda harus melepas komponen atau bagian mobil. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengganti sebagian komponen dengan bahan yang lebih ringan. atau jangan membawa barang yang tidak diperlukan

  • Saringan Udara (Air Filter)

Saringan udara ini sebagai salah satu yang penting, mencabut saringan udara memang bisa membuat udara masuk lebih bebas tapi udara yang kotor tidak akan tersaring dan tidsak baik untuk mesin. ukuran saringan udara yang lebih besar atau element penyaring yang tidak terlalu padat memungkinkan lebih banyak udara masuk ke mesin dan lebih lancar.

  • Modifikasi Sistem Pembuangan/Knalpot

Knalpot memang berperan untuk saluran buang gas sisa pembakaran, namun jangan anggap remeh knalpot. karena dengan Mengganti sistem pembuangan dengan jenis free flow dengan pipa besar atau knalpot racing  dapat mengurangi hambatan sitem pembuangan sisa pembakaran bisa meningkatkan horsepower mesin.

  • Seting Ulang Karburator

Pada mesin yang masih menggunakan Karburator sebagai pengabut bahan bakarnya, anda bisa menyeting ulang PJ/MJ atau spuyer untuk mendapatkan asupan bahan bakar yang sesuai atau bahkan mengganti karburator dengan venturi yang lebih besar.

Baca Juga: Seting PJ MJ Karburator, Ini Rahasianya!

  • Mengganti Chip ECU

Pada mobil dengan mesin sistem Injection EFI Pemilik dapat mengganti chip ROM dalam engine control unit (ECU) untuk meningkatkan tenaga.hal ini akan efektif jika disertai dengan modifikasi lainnya seperti dalam masukan udara (air intake) dan sistem pembuangan. atau juga mengaplikasikan Piggback.

  • Busi dan Bahan Bakar

Busi iridium akan membuat mobil berjalan lebih cepat karena menghasilkan pembakaran bahan bakar secara lebih sempurna. Pilih pula bahan bakar dengan oktan tinggi serta bebas timbal.

  • Memasang Turbocharger

memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekurangan yaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat jeda waktu ketika pedal gas di tekan hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin, tapi akan maksimal pada putaran tinggi karena putaran turbin turbo bisa melebihi rpm mesin karena perangkat ini tidak terhubung dengan putaran mesin.

Biasanya, turbocharger payah saat di putaran mesin rendah, tapi maksimal pada putaran tinggi. pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil dan multi katup, sehingga meski di tekanan udara rendah sudah bereaksi,”

Baca Juga: Cara Menggunakan Carburator Cleaner / Spray

  • Memasang Supercharger

Mekanisme kerja supercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, supercharger tidak digerakan oleh gas buang tapi oleh putaran mesin, jadi kesenjangan atau jeda waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udara ke silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. karena putaran supercharger sama dengan putaran mesin.

Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaran mesin rendah maupun tinggi. tapi tidak akan melebihi putaran mesin seperti turbocharger.

  • Memasang Inter cooler

Dinginkan udara yang masuk ke ruang bakar dengan perangkat intercooler. kepadatan tekanan udara akan mengakibatkan panas yang berakibat udara memuai dan kerapatan molekul udara berkurang. dengan memasang intercooler udara yang masuk didinginkan lebih dulu.

  • Pelumas

Jangan lupa juga dengan yang satu ini, semua langkah di atas tidak akan sempurna jika sistem pelumasan kendaraan anda tidak dilumasi oleh pelumas yang bagus.

Baca Juga: Jenis Oli Pelumas Mobil Motor & Mesin Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *