Cara Membuat Blog Atau Website Gratis Di Blogger Untuk Pemula

Posted on

Kurniots.comCara Membuat Blog Atau Website Gratis Di Blogger – Blogger adalah salah satu tempat membuat blog yang populer. Fasilitas gratis dan kemudahan penggunaanya yang memiliki dasboard yang cukup simple memang mudah untuk dipahami bagi para pemula sekalipun. Blogger banyak menjadi pilihan para publisher pemula karena bisa membuat blog atau web dengan sangat mudah tanpa harus dipusingkan urusan pengelolaan server, database dan hal-hal lainya.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog atau website di Blogger.com dari awal agar kamu tak bingung dalam penggunaanya ketika pertama kali.

Apa Itu Blog & Apa Perbedaanya Dengan Website?

Dikutif dari Wikipedia, Blog berasal dari kata web log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Baca Juga: Akun Yang Harus Kamu Miliki Untuk Membuat Blog atau Web

Sementara itu, yang dimaksud dengan website adalah situs laman online yang terhubung dalam satu domain dan dikelola oleh suatu tim ahli. Dengan begitu, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa blog merupakan bagian dari website itu sendiri.

Tujuan pembuatan blog atau website itu tentunya ada beragam tergantung dari niat si pembuatnya. Di jaman serba digital sekarang ini banyak orang membuat blog untuk tujuan mendapatkan penghasilan (money site), toko online dan pemasaran berbagai produk perusahaan.

Apa Itu Blogger?

Apa itu blogger
Apa itu blogger

Blogger adalah sebuah platform CMS milik Google. Seperti namanya, blogger sendiri dikhususkan untuk para blogger. Sangat rekomended untuk dijadikan batu loncatan bagi kita yang benar-benar masih sangat baru di dunia blogging sebelum berpindah menggunakan CMS lainnya yang lebih memerlukan pengetahuan terkait sisten dan server seperti WordPress.

Baca Juga: Cara membuat soal ujian online dengan Google Form dilengkapi Password

WordPress memang adalah salah satu CMS yang paling populer digunakan para publisher karena kemudahan penggunaan dan customisasinya. banyak sekali tersedia theme untuk tampilan situs berbasis wordpress dan plugin-plugin yang siap digunakan sehingga kamu bisa meng-custom tanpa menyentuh coding sekalipun.

Beda dengan blogger, untuk menggunakan wordpress, kamu harus memiliki domain dan hosting. wordpress juga memiliki fasilitas gratisnya yaitu di WordPress.com sama seperti Blogger.com namun yang kali ini akan saya berikan tutorialnya adalah Blogger.com karena terbilang sangat mudah dipahami untuk para pemula untuk membuat blog atau web.

Cara Membuat Blog Atau Website Gratis Di Blogger

Membuat blog di blogger itu sangat mudah. Ada beberapa hal yang pertama harus kamu siapkan untuk membuat blog di blogger dan berikut yang harus kamu siapkan.

Persiapan awal membuat sebuah blog atau web di blogger:

  1. Akun Google (Gmail)
  2. Tujuan pembuatan
  3. Ide nama blog

Akun google kamu perlukan untuk dapat login dan memiliki akun blogger.com. Seperti kita ketahui bahwa kita hanya perlu satu akun google untuk menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh google yang salah satunya adalah Blogger.com

Baca Juga: Cara menambahkan lokasi di story whatsapp

Selanjutnya kamu juga harus mantafkan dulu terkait dengan apa tujuan kamu membuat blog. ini penting karena ini adalah awal dimana itu akan mempengaruhi apa yang harus kamu lakukan nanti setelah punya akun blog yang diantaranya nama blog itu sendiri akan dipengaruhi ooleh tujuan kamu membuat blog di blogger.

Selain akan mempengaruhi nama blog kamu, tujuan kamu membuat blog juga akan mempengaruhi tampilan blog kamu dimana kamu akan terfokus mendandani tampilan blog kamu dan mencari template blogger sesuai tujuanmu membuat blog. Saya ambil contoh jika tujuanmu membuat blog adalah untuk personal blog atau personal web, maka template blogger yang simple sudah cukup, beda hal untuk toko online maka kamu butuh template yang lebih kompleks dengan sistem checkout dan live chat.

Langkah membuat blog atau web di blogger:

  • Login ke Blogger.com.
  • Create Your Blog
  • Login Akun Google
  • Masukkan nama blog.
  • Masukan nama penulis untuk ditampilkan (Contoh: Admin)
  • Klik Berikutnya.
  • masukan URL atau alamat blog.
  • Klik Simpan.

Setelah melewati step-step tadi, kamu udah berhasil membuat blog dan kamu akan masuk ke Dashboard blogger dimana itu adalah tampilan antarmuka untuk mengelola blog kamu. disana kamu dapat mengubah, mengedit tampilan blog kamu, nama blog kamu, seting-seting lainnya. disitu juga kamu dapat membuat post atau artikel kamu.

Ada beberapa seting pertama kali yang harus kamu lakukan untuk blog baru kamu yaitu menyesuaikan tampilan dan kamu bisa pilih template blogger yang sudah banyak tersedia di blogger atau kamu bisa cari template blogger yang banyak bisa kamu temukan di intternet dari pihak ketiga baik yang gratis ataupun template blogger yang berbayar.

Penjelasan Menu-menu Seting Dasboard Blogger

Untuk pengenalan pertama kali pada tampilan antar muka atau Dashboard blogger, saya akan jelaskan kegunaan menu-menu dalam panel dashboard blogger. lihat gambar berikut ini dan penjelasannya.

cara menggunakan dasboard blogger
cara menggunakan dasboard blogger

Penjelasan menu-menu dasboard blogger:

  1. Toggle untuk berpindah blog yang kamu kelola.
  2. Untuk membuat artikel atau post blog.
  3. Untuk mengelola artikel atau post blog.
  4. Untuk melihat statistik blog kamu seperti melihat penayangan dan pengunjung blog.
  5. Untuk melihat dan mengelola komentar blog jika kkamu mengaktifkan komentar.
  6. Untuk mengaitkan blog dengan Google Adsense. Kamu bisa mendapatkan uang dengan menayangkan iklan Adsense jika blog mu memenuhi syarat.
  7. Untuk mengelola halaman blog (contoh privacy policy, disclaier, tentang blod, dll)
  8. Untuk mengelola tata letak widget blog di sidebar dll.
  9. Untuk mengelola tema atau template tampilan blog kamu.
  10. Ini adalah segala seting yang bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan pengelolaan nama, URL, custom domain, seting untuk search engine dll.
  11. Daftar blog yang kamu ikuti.
  12. Untuk melihat tampilan blog kamu saat ini.

Video Youtube Cara Membuat Blog Atau Website Gratis Di Blogger

Untuk penjelasan lebih detailnya tentang cara membuat blog atau website di Blogger.com dan bagaimana cara menggunakan seting menu-menu di dashboard blogger, kamu bisa lihat video youtube berikut.

Untuk seting blogger lebih lanjut dan cara posting artikel lebih lanjut akan saya tulis kemudian baik dalam web ini ataupun di chanel youtubnya. ikuti blog dan youtubenya sekarang juga untuk mendapatkan update terbarunya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *