Cara Memasang & Mengedit Template Blogger Gratis dan Keren

Posted on

Kurniots.comCara Memasang & Mengedit Template Blogger – Setelah kita membuat blog di blogger, yang pertama kali harus dilakukan tentunya adalah mengatur tampilan blog kita sesuai dengan tujuan dan keinginan kita. Template blogger sangat banyak sekali bisa kamu temukan di internet dari mulai yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih template blogger untuk blog kamu agar blog kamu nantinya selain menimbulkan kesan profesiaonal, enak dilihat dan dibaca, juga ramah mesin pencari yang secara langsung akan membuat blog kamu bisa bersaing di mesin pencari seperti Google Search.

Pada kesempatan ini saya akan bahas lengkap bagaimana cara memasang dan cara mengedit tampilan blog atau template blogger agar menjadi menarik dan SEO friendly.

Baca Juga: Cara Membuat Soal Ujian Online Google Form Dengan Password & Batasan Waktu

Cara Memilih Template Blogger Yang Bagus

Banyak sekali tema atau template blogger yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Seperti apakah template blogger yang bagus?

Template blogger yang bagus itu tentunya tidak bisa hanya dilihat dari tampilan saja karena target sebuah blog itu pada dasarnya ada 2 yaitu disukai oleh mesin pencari dan disukai oleh pengunjung blog. Maka dari itu, ada beberapa hal dalam memilih template blogger yang bagus adalah sebagai berikut:

Tips memilih template blogger:

  1. Ringan (Fast Loading)
  2. Disukai mesin pencari (SEO Friendly)
  3. Tampilan keren dan menu navigasi mudah bagi pengunjung
  4. Desain responsif mengikuti layar atau memiliki versi mobile untuk pengunjung Ponsel
  5. Suport AMP (optional)

Dalam memilih template blogger yang bagus, setidaknya 5 hal tersebut wajib dipertimbangkan dan diupayakan terpenuhi oleh template blogger yang akan kamu gunakan agar blog kamu nantinya disukai search engine dan disukai pengunjung yang datang ke blog kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Lokasi Baru Di Facebook Seperti Status WA

Cara Backup Template Bloger

Sebelum kamu memasang atau mengupload file xml template blogger, saya sarankan kamu untuk mempertimbangkan melakukan backup file template blog yang kamu gunakan sekarang. caranya adalah sebagai berikut.

Cara Backup Template Blogger:

  1. Masuk menu tema
  2. Di bagian tengah di menu “Sesuaikan” kamu klik togle segitiga atau panah dan akan muncul menu.
  3. Pilih Cadangkan
  4. Klik Download
Cara Backup Template Blogger
Backup Template Blogger

Cara Memasang Template Bloger

Setelah kamu menentukan template blogger yang kamu akan pasang, dan kamu sudah mendapatkan atau mendownload file xml template blogger, maka untuk dapat menggunakannya, kamu harus menguploadnya ke blog kamu di blogger.com.

Baca Juga: Lokasi Tidak Muncul Di Whatsapp? Begini Cara Menambahnya!

Untuk memasang template blogger, sebelum kamu menguploadnya, saya sarankan untuk menghapus dulu widget-widget atau Gadget di sidebar, footer atau di header melalui menu “Tata Letak”. tapi ini sifatnya optional saja. Tujuan menghapus gadget-gadget tersebut adalah agar nantinya tidak bertumpukan dengan bawaan template yang baru.

Cara memasang template blogger:

Cara Memasang Template Bloger
Memasang Template Bloger
  1. Masuk menu tema
  2. Di bagian tengah di menu “Sesuaikan” kamu klik togle segitiga atau panah dan akan muncul menu.
  3. Pilih Pulihkan
  4. Klik Upload (upload file xml template)

Setelah sukses terunggah, maka selamat, blog kamu telah berganti tampilan dengan template yang baru. kamu tinggal masuk lagi “Tata Letak” untuk menyesuaikan gadget-gadget atau widget di sidebar, footer dan bagian header yang akan kamu pasang dan akan kamu seting.

Dalam memasang template blogger juga yang harus kamu perhatikan adalah jika kamu pakai template yang diberikan panduan dari si pembuatnya, maka kamu harus baca dulu karena setiap template blog itu memiliki setingan kode-kodenya tersendiri.

Cara Mengedit Tampilan Template Bloger (Customize)

Setelah berhasil memasang template blogger, maka kamu harus mengedit tampilan atau mengedit template blogger. Pada tahap ini kamu akan dihadapkan dengan editor html nya blogger.

Yang harus dilakukan pengeditan melalui editor HTML adalah biasanya Menu navigasi yang memuat navigasi menu kategori dan menu laman. untuk masuk ke editornya adalah sebagai berikut:

Cara mengedit template blogger:

Mengedit Tampilan Template Bloger (Customize)
Customize Template Bloger
  1. Masuk menu tema
  2. Di bagian tengah di menu “Sesuaikan” kamu klik togle segitiga atau panah dan akan muncul menu.
  3. Pilih Edit HTML

Untuk mengedit html template blogger itu harus hati-hati ya karena kode script itu sangat sensitif. kamu harus mengetahui bahasa css dan html untuk bisa melakukan pengeditan atau kamu bisa ikuti panduan dari petunjuk penggunaan template yang kamu gunakan.

Untuk kamu yang masih bingung, saya ada video tutorial terkait cara memasang dan mengedit Template Blogger dan template yang saya gunakan dalam video tutorial tersebut adalah template Seo Optima versi gratis yang bisa kamu lihat di chanel youtube saya “Males Baca” sebagai berikut ini.

Dan untuk kamu yang ingin mencoba template yang saya gunakan dalam video tutorial tersebut, kamu bisa download file template blogger tersebut dibawah ini.

Download Template Blogger Seo Optima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *