6 Cara Memperbaiki Lampu Mobil Motor Redup

Posted on

Kurniots.com6 Cara Memperbaiki Lampu Mobil Motor Redup – Lampu adalah komponen sangat penting dalam mobil dan motor. meski bukan bagian dari mesin mobil ataupun sepeda motor yang berpengaruh pada tenaga dan kecepatan, lampu juga sangat penting jika dalam kondisi berkendara di malam hari. sekuat apapun tenaga mesin, sekencang apapun mobil atau motor kamu, maka itu tak kan berguna 100% jika lampu mobil atau motor kamu redup atau mati karena pastinya kamu akan kesulitan melihat medan jalan yang dilalui.

Salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi pada kendaraan yang sudah mulai tua adalah lampu mobil atau lampu motor yang redup atau kurang terang. Kondisi lampu mobil ataupun motor yang normal adalah lampu yang terang saat menyala. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lampu mobil motor kurang terang atau redup. Untuk dapat memperbaiki lampu mobil motor redup tentunya kita harus pahami dulu faktor penyebabnya.

Seperti kita ketahui, ada beberapa komponen dalam sistem kelistrikan penerangan lampu kendaraan. Sistem kelistrikan lampu mobil dan sepeda motor sebetulnya tidak jauh beda, hanya saja komponen nya yang berbeda bentuk. Kerusakan salah satu komponen saja dapat menyebabkan lampu mobil motor redup bahkan mati.

Baca Juga: Skema Diagram Kelistrikan Beat FI ESP Free Download

Komponen Sistem Kelistrikan Lampu Mobil Motor

Sebelum kita ke cara memperbaiki lampu mobil motor redup, berikut beberapa komponen dalam sistem kelistrikan lampu penerangan mobil dan motor selain kabel dan socket kabel itu sendiri.

Komponen sistem kelistrikan lampu Mobil:

  1. Dinamo Pengisian
  2. Regulator
  3. Aki (Accu)
  4. Sekring
  5. Bola Lampu (Bolam)
  6. Reflektor
  7. dll

Baca Juga: Skema Diagram Kelistrikan Supra Fit, X & Grand (Honda C100 Series) Free Download

Komponen sistem kelistrikan lampu Motor:

  1. Magnet + Spul
  2. Kiprok
  3. Aki
  4. Bola Lampu (Bolam)
  5. Reflektor

Itulah beberapa komponen-komponen yang ada dalam sistem kelistrikan lampu mobil dan motor. oke, kita lanjutkan apa saja atau komponen mana saja yang sering menyebabkan lampu mobil motor redup sehingga kita mengetahui dan dapat memperbaiki lampu mobil motor redup, penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

Penyebab Lampu Mobil Motor Redup

Ada beberapa penyebab lampu mobil atau motor menjadi redup atau kurang terang. dari sekian banyak komponen, beberapa diantaranya sering terjadi kerusakan dan sering menjadi penyebab lampu mobil motor redup atau tidak terang bahkan mati.

Kualitas Bolam

Yang pertama adalah kualitas bola lampu atau bolam atau bohlam. bolam yang kualitasnya sudah menurun bisa mengakibatkan cahayanya meredup. Bukan cuma itu saja, bolam yang tidak sesuai spesifikasi atau watt nya kkecil juga akan membuat lampu mobil dan motor kamu kurang terang.

Sekring & Relay Lampu

Relay adalah sebuah benda berbetuk kotak yang menghubungkan kabel dengan sumber listrik. Biasanya, relay yang mati atau mengalami gangguan juga menyebabkan pancaran sinar yang dihasilkan headlamp menjadi redup. selain itu, sekring yang bermasalah juga pada beberapa kasus dapat menyebabkan lampu mobil redup bahkan mati. meskipun kebanyakan kasus akibat dari relay dan sekring ini menyebabkan lampu mati total, namun bisa juga menyebabkan lampu mobil motor redup.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi

Reflektor Lampu Kusam

Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab lampu mobil motor redup adalah kondisi permukaan headlamp atau reflektor lampu mobil atau motor yang kusam. Hal ini dapat terjadi karena kondisi lingkungan yang kotor dan cuaca yang berubah-ubah, sehingga mengakibatkan lampu mobil kotor dan berdebu, baik di bagian dalam maupun luar. paling sering ini terjadi katrena usia pakai.

Masa (Gound) Tidak Tersambung

Kabel masa body atau ground (-) yang tidak terkoneksi sempurna dapat menyebabkan lampu mobil redup. ini sering terjadi karena socket kotor, terbakar atau baut kabel ke body mobil atau motor longgar.

Dinamo Pengisian atau Spul Rusak

Kondisi dinamo pengisian jika pada mobil dan spul jika pada motor yang rusak dapat membuat tidak maksimal dalam melakukan charging aki ataupun produksi listrik yang lemah. tentunya ini akan menyebabkan lampu mobil redup dan bahkan akhirnya aki soak.

Aki Rusak

Aki adalah sebagai sumber utama kelistrikan. Kondisi aki yang rusak atau lemah juga tentunya bisa menyebabkan hal ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Mobil 100% Ampuh

Penyebab Lampu Mobil Motor Redup Sebelah

Terkadang masalah terjadi pada lampu mobil motor redup hanya sebelah. Khusus untuk motor, ini terjadi pada sepeda motor yang menggunakan dua bola lampu. kondisi pada lampu mobil ataupun motor yang redup sebelah ini sering terjadi akibat dari kabel masa body (ground) yang kurang sempurna atau longgar.

Lampu mobil atau motor yang redup sebelah ini paling sering diakibatkan oleh masalah kabel masa atau ground yang tidak terkoneksi dengan sempurna.

Cara Memperbaiki Lampu Mobil Motor Redup

cara memperbaiki lampu mobil motor redup.jpg
cara memperbaiki lampu mobil motor redup.jpg

Setelah kita mengetahui penyebab lampu mobil motor kurang terang dan mengetahui komponen sistem kelistrikan lampu mobil motor, tentunya kita akan dengan mudah melakukan diagnosa dan memperbaiki lampu mobil motor redup.

  • Kualitas Bolam

Jika masalah lampu mobil motor redup adalah karena kualitas bola lampu, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru dan sesuai spesifikasi. jika kamu memperbesar ukuran wat nya maka pertimbangkan panas yang akan timbul. untuk itu kamu harus pertimbangkan menggunakan socket lampu bahan keramik.

  • Sekring & Relay Lampu

Jika masalahnya ada pada relay atau sekring, kamu tinggal menggantinya.

  • Reflektor Lampu Kusam

Untuk memperbaiki lampu mobil motor redup akibat reflektor lampu kusam, kamu bisa coba membersihkan atau mencucinya serta memolesnya jika memang memungkinkan. untuk reflektor mobil biasanya bisa dibuka. atau kamu bisa menggantinya dengan unit baru.

  • Masa (Gound) Tidak Tersambung

Masalah lampu mobil motor redup akibat kabel ground atau masa yang tidak tersambung atau longgar, kamu bisa kencangkan baut kabel masa lampu dan mengganti socket yang longgar.

  • Dinamo Pengisian atau Spul Rusak

Untuk masalah ini, kamu bisaperbaiki Dinamo Amper ke tukang dinamo dan untuk spul motor kamu bisa ganti spul baru atau melilitnya di bengkel motor.

  • Aki Rusak

Untuk masalah aki yang rusak, kamu bisa coba memperbaikinya jika mau dengan cara menguras aki atau kamu bisa ganti aki baru biar lebih tenang. untuk menguras aki, kamu bisa kunjungi artikel berikut.

Baca Juga: Cara Menguras Aki Mobil Motor Sampai Bersih Total

Sekian tentang Cara Memperbaiki Lampu Mobil Motor Redup, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *