Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin & Diesel Paling Mudah

Posted on

Kurniots.com – Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin & Diesel – Mogok adalah salah satu kejadian yang tidak mengenakan ketika berkendara. maka dari itu perawatan berkala diperlukan untuk merawat mesin dan seluruh komponen pada kendaraan agar terhindar dari kejadian tidak menyenangkan seperti mobil mogok.

Kadang kendaraan atau mobil mogok meski kamu rajin melakukan perawatan berkala pada mesin mobil kamu khusunya, kalo kejadiannya seperti itu namanya kamu lagi sial, hehehehehe. Bagaimana cara memperbaiki mobil yang mogok baik pada mobil dengan mesin bensin dan diesel? baik, disini akan saya beri tips dan panduan cara memperbaiki mobil mogok mesin bensin % mesin diesel.

Agar kita bisa memperbaiki mobil mogok, pastinya kita harus tahu dan bisa mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada komponen-komponen mesin baik mesin bensin dan mesin diesel agar tahu letak permasalahannya atau kerusakannya. Oke berikut ini langkah dan cara memeriksa atau mendiagnosa plus cara memperbaiki mobil mogok pada mobil mesin bensin dan mobil bermesin diesel. langsung aja simak di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi

Langkah Diagnosa & Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin

Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin & Diesel
Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin & Diesel

Untuk langkah pemeriksaan atau diagnosa pada mesin mobil bensin yang mogok dan cara memperbaiki mobil mogok mesin bensin, kamu ikuti step-step seperti berikut ini.

  • Parkirkan mobil,  netralkan transmisi. dan tarik rem tangan.
  • Periksa Setrum Aki / daya batre.

Jika panel speedometer atau lampu kontrol tidak menyala, kemungkina kabel aki terlepas atau longgar, bisa juga kotor. Periksa juga sekring, Bisa juga ini akibat sikring putus. tepatnya sekring “ENGINE” lihat pada diagram box sikring.

  • Periksa pengapian mesin
  • Periksa kabel setrum koil. bila perlu cek setrumnya.
  • Periksa kondisi platina atau cdi , bersihkan Platina jika terjadi kotor atau benjol dengan amplas.
  • Periksa kabel busi, pastikan terkoneksi dengan baik. cek arus dan pastikan ada loncatan arus.
  • Periksa busi.

Buka dan bersihkan busi jika kotor,dan atur kembali kerenggangan celah atau gap busi nya. Jika busi terlanjur mati dan kamu gak ada cadangan, untuk sementara kamu bisa perbaiki busi mati, ikuti caranya baca artikel berikut ini

Baca: Cara Memperbaiki Busi Yang Mati 100% Ampuh

  • Periksa karburator dan suplai bahan bakar

Dalam hal pemeriksaan karburator dan suplai bahan bakar, kamu lakukan 4 langkah berikut ini:

  1. Periksa suplai bahan bakar dengan cara mencabut selang bahan bakar kemudian di ON kontak atau stater
  2. Periksa dan/atau bersihkan saringan bahan bakar.
  3. Periksa Karburator, jika ditemukan karburator kotor dan bermasalah buka dan bersihkan karburator. Kamu bisa baca artikel berikut

Baca: Membersihkan Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

  • Coba nyalakan mesin.

Apabila semua komponen diatas sudah berfungsi dengan baik, kamu bisa coba nyalakan mesin untuk mengetahui apakah mesin sudah bisa hidup atau belum. Jika belum, kamu bisa lakukan pengecekan lagi atau minta bantuan bengkel terdekat untuk memperbaiki mobil mogok karena kemungkinan penyakitnya sulit itu mesin mobil kamu.

Langkah Diagnosa & Cara Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Diesel

Pada mesin Diesel kebanyakan kasus penyebab mobil mogok akibat dari saringan bahan bakar kotor dan penuh dengan air, karena mesin diesel tergolong bandel dan jarang rewel, jadi kebanyakan pemilik kendaraan jarang melakukan penggantian berkala pada saringan bahan bakar atau filter solar (fuel filter) ini.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk cara memperbaiki mobil mogok yang mesin diesel. 

  • Periksa Filter Bahan Bakar

Pada mobil diesel, banyak yang sudah dilengkapi dengan indikator kondisi filter bahan bakar jika kemasukan air. Jika terjadi indikator bahan bakar di panel dashboard mobil kamu menyala, jangan panik itu hanya sinyal kalo ada air di water separator di dalam saringan bahan bakar mobil kamu.

Baca Juga: 4 Langkah Cara Menyetel Angin Karburator Motor Mobil

Water separator bentuknya sama dengan saringan atau lebih dikenal saringan yang pertama dari tangki bahan bakar. segera buang air di saringan bahan bakar anda dengan cara memutar baut pembuangan di bagian bawah saringan bahan bakar.

  • Periksa Kebocoran Saluran Bahan Bakar & Lakukan Pompa (pompa bahan bakar)

Jika diketahui ada air di step pertama tadi dan kamu udah buang airnya, maka kamu harus pompa bahan bakar untuk mengisi filter bahan bakar tadi dan membuang angin pada saluran bahan bakar.

Begitu juga jika diketahui bahwa mobil diesel kamu mogok akibat filter bahan bakar ternyata kosong. Filter solar yang kosong dan menyebabkan mobil kamu mogok mengindikasikan ada kebocoran pada saluran bahan bakar. Untuk memperbaikinya kamu harus mencari kebocoran itu dimana dan memompa kembali bahan bakar.

Untuk melakukan pemompaan bahan bakar, tidak sembarangan ya. lakukan cara berikut ini:

  1. Buka baud pembuangan saluran bahan bakar yang terdapat di injektor
  2. Kemudian tekan berulang pompa saluran bahan bakar ( pompa diputar dulu untuk membukanya pada jenis truk)
  3. Pompa bahan bakar sampai keluar di baud pembuangan dan buih hilang.
  4. Kemudian kencangkan kembali baud pembuangan dan selesai.
  • Hidupkan atau starter mesin

Setelah semua komponen dipastikan dalam kondisi baik, start mesin mobil anda dan jika susah hidup, kamu bisa starter mesin sambil terus memompa dalam keadaan baut pembuangan sudah tertutup dan kencang.

Sekian tentang cara memperbaiki mobil mogok yang mudah-mudahan bisa mengatasi mobil anda yang mogok, dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *